Kewajiban Menghormati Ulama

Sesungguhnya para ulama memiliki kedudukan yang agung dalam agama Islam. Mereka adalah pewaris para nabi, pembawa wahyu, serta pelindung syari’at dari penakwilan orang-orang yang jahil. Maka memuliakan mereka adalah kewajiban dan merupakan bagian dari Sunnah. Memusuhi mereka adalah pengumuman perang terhadap Allah Ta’ala, sebagaimana dalam sebuah hadits, “Barangsiapa yang memusuhi waliku, maka Aku umumkan perang kepadanya.” (HR. Bukhari).

Generasi awal umat ini sudah jauh-jauh hari membuatkan SOP untuk kita dalam menghormati para ulama. Seorang Tabi’i Thawus bin Kaisan berkata, “Termasuk bagian dari Sunnah adalah memuliakan empat orang; ulama (orang yang berilmu), orang yang sudah tua, sulthan (pemimpin yang adil) dan orang tua (bapak-ibu).” (al-Baghawi, Syarhu Sunnah,13/ 41).

Dari Abu Musa al-Asy’ari dari Nabi shalallahu ‘alahi wasallam beliau bersabda, “Sesungguhnya termasuk dari pengagungan kepada Allah adalah memuliakan orang muslim yang sudah tua, para penghafal Al-Qur’an dan pemimpin yang adil.” (HR. Abu Daud, no. 4843).

Al-Qarie berkata, “Maksudnya adalah menghormati pembacanya (Al-Quran), penghafalnya dan orang yang menafsirkannya (ulama ahli tafsir).”(Muhammad Syamsu al-Haq al-Azhim Abadi, Aunu al-Ma’bud, 13/ 132).

Abdullah bin Mubarak berkata, “Kewajiban atas orang berakal adalah tidak merendahkan tiga golongan; para ulama, para pemimpin yang adil dan saudara-saudaranya. Barang siapa yang merendahkan para ulama, maka hilang akhiratnya. Barang siapa merendahkan para pemimpin (yang adil), maka hilanglah dunianya. Dan barang siapa merendahkan saudaranya, maka hilanglah muru’ahnya.”(adz-Dzahabi, Siyaru al-A’lam wa an-Nubala,17/ 251).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s